Pulau Popaya

Pulau Popaya
Special Tour
Lito Popaya, Deme I, Sumalata, North Gorontalo Regency, Gorontalo, Indonesia Gorontalo Utara

Pulau Popaya yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Pepaya merupakan salah satu pulau yang sangat unik di Gorontalo. Keunikan Pulau Popaya terletak pada statusnya sebagai pulau konservasi, khususnya konservasi penyu.

Untuk mencapai pulau Popaya yang telah menjadi kawasan cagar alam sejak pemerintahan Hindia Belanda tahun 1939 ini harus ditempuh dengan perjalanan selama 2 sampai 3 jam dari pusat Kota Gorontalo. Lokasi pulau ini terletak di Desa Deme 1 Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara dan menjadi titik untuk penyeberangan ke Pulau Popaya. Lama perjalanan dari pesisir pantai ke pulau akan memakan waktu 45 menit hingga 1 jam. Pulau-pulau kecil, daratan Gorontalo yang dihiasi pegunungan menjadi panorama menarik selama pelayaran menuju Pulau Popaya. Jika anda berangkat pagi atau siang hari, anda bisa menikmati warna-warni permukaan laut disekelilingi pulau yang memanjakan mata.

Berhubung Pulau Popaya termasuk wilayah konvergasi cagar alam, kondisi ekosistem disini masih terbilang terjaga alami. Suasana pulau yang teduh karena pepohonan yang rindang, rerumputan yang hijau, dikelilingi pantai berpasir putih dan cokelat seakan belum pernah tersentuh. Jika anda lebih suka menikmati wisata alam yang jauh dari keramaian dan ingin menyatu dengan alam, pulau Popaya salah satu pilihan yang tepat, seperti memiliki pulau sendiri.

Beberapa spot bisa anda eksplor ditempat ini. Di depan pulau anda bisa melihat terumbu karang yang indah serta ikan-ikan kecil yang bervariasi warnanya termasuk ikan Nemo yang terkenal karena film kartun. Area kanan pulau merupakan spot yang paling cocok dan aman untuk berenang karena tidak terdapat karang. Dibelakang pulau, beberapa pohon mati dan tumbang yang menghitam, bongkahan bebatuan, bisa menjadi spot foto yang instagramable. Sedangkan disebelah kiri pulau, anda bisa menemukan area yang menjadi tempat bertelur para penyu. Jika anda beruntung, anda bisa menyaksikan momen langka dimana tukik menetas, keluar dari sarang telur dan melangkah menuju laut lepas.

Untuk mencapai pulau Popaya yang telah menjadi kawasan cagar alam sejak pemerintahan Hindia Belanda tahun 1939 ini harus ditempuh dengan perjalanan selama 2 sampai 3 jam dari pusat Kota Gorontalo. Lokasi pulau ini terletak di Desa Deme 1 Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara dan menjadi titik untuk penyeberangan ke Pulau Popaya. Lama perjalanan dari pesisir pantai ke pulau akan memakan waktu 45 menit hingga 1 jam.

Write a Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Home
Destinasi
Hotel
Info
Peta